Pencak Silat

Ada Apa dengan Pencak Silat…?

by Syam ibn Affan

ps

Nama “pencak” biasanya dipakai dalam istilah di daerah Jawa, sedangkan “silat” dipakai dalam istilah di daerah di Sumatera, Semenanjung Malaya dan Kalimantan. Dalam perkembangannya kini istilah “pencak” lebih mengedepankan unsur seni dan penampilan keindahan gerakan, sedangkan “silat” adalah inti ajaran bela diri dalam pertarungan.

Kalau berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, pencak/pen·cak/ adalah permainan (keahlian) untuk mempertahankan diri dengan kepandaian menangkis, mengelak, dan sebagainya; sedangkan silat/si·lat/ adalah olahraga (permainan) yang didasarkan pada ketangkasan menyerang dan membela diri, baik dengan menggunakan senjata maupun tidak.

Lantas, kenapa harus memilih Pencak Silat…?

Pencak Silat adalah ilmu warisan leluhur kita yang mempunyai nilai-nilai yang sangat membangun mental dan perilaku kita dalam bertindak dan berkehidupan. Namun banyak orang yang masih takut mengikuti Pencak Silat dengan berbagai alasan.

Dalam Pencak Silat kita diajarkan bagaimana menangkis berbagai serangan lawan dan kita juga diajarkan bagaimana cara kita menyerang musuh dengan efektif. Namun anggapan orang-orang mengenai orang yang mempelajari Pencak Silat suka berkelahi tidak semuanya benar karena dalam Pencak Silat kita diajarkan bagaimana cara menghormati orang lain, diajarkan kesopanan, persaudaraan (tali silaturahmi), bagaimana cara memperlakukan orang lain, bagaimana cara menghargai orang lain, bagaimana mengatur emosi dan masih banyak lagi.

Pencak Silat adalah sebaik-baik bela diri karena kita diajarkan berbudi luhur para pendahulu kita pada jaman dulu.

Tertarik dengan Pencak Silat … ?

Lets Join Us

Ekskul Pencak Silat SD YPPSB 3