Persari Gabungan Kelas 4 SD YPPSB: Belajar, Bermain, Berteman

Persari Gabungan Kelas 4 SD YPPSB: Belajar, Bermain, Berteman

Sdyppsb3.sch.id – Kelas 4 SD YPPSB Sangatta Utara melaksanakan persari gabungan pada tanggal 20 Oktober 2018 yang bertempat di SD YPPSB 3, Munthe. Kegitan ini adalah salah satu pengembangan kurikulum tim kelas 4 yang bertujuan untuk mengenalkan dunia pramuka lebih dalam lagi kepada siswa/siswi kelas 4.

Kegiatan ini dimulai dengan upacara pramuka siaga. Bertindak sebagai pembina pramuka adalah yanda Marsono, Kepala Sekolah SD YPPSB 3. Dalam amanatnya yanda Marsono menyampaikan kepada siswa/siswi kelas 4 peserta pramuka untuk mengingat-ingat apa yang akan mereka pelajari dalam penjelajahan nanti. Karena hal itu akan berguna kelak untuk kehidupan mereka sehari-hari. Beliau juga berpesan untuk tetap menjaga kekompakan dan keselamatan masing-masing ketika berjalan dari pos satu ke pos lainnya.

Dalam kegiatan persari siaga ini terdapat 6 pos yang harus mereka lalui. Di setiap pos terdapat materi yang membuat mereka belajar dan bermain.

Beberapa hal yang mereka pelajari di persari siaga yaitu tentang sandi, tali-temali yang berguna sebagai alat angkut darurat (drag bar) ketika terjadi bencana atau kecelakaan, materi baris-berbaris untuk melatih kedisiplinan.

Disamping itu, ada materi mereka belajar sambil bermain dimana mereka hanya dengan meraba dapat menyebutkan benda-benda yang dimaksud. Disini ada perasaan takut, penasaran, dan tentu saja ingin mencoba.

Kekompakan mereka juga diuji dalam materi yel-yel. Terlihat dari yel-yel yang mereka tampilkan kekompakan dan kreativitas mereka walaupun beberapa barung sebelumnya di bumbui dengan perdebatan di antara mereka.

Semua hal itu diharapkan membuat mereka lebih dewasa dan erat hubungan pertemanannya karena mereka bisa menyelesaikan konflik secara baik dengan tampil sempurna.

Keseruan dan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu ada di materi terakhir yaitu halang rintang. Mereka bermain dan menguji kekuatan fisik mereka dengan merayap di selokan dengan lumpur buatan. Dan tentu saja keamanan selokan ini sudah melalui cek dan re-cek yanda-bunda yang berjaga. Mereka harus berpacu dengan waktu jadi yang tercepat untuk dapat menaklukkan halangan dan rintangan.

Terlihat ekspresi senang dari raut wajah mereka walaupun baju mereka penuh dengan lumpur. Tidak masalah baju kotor, wajah kena lumpur, menang atau kalah yang penting mereka senang bermain lepas yang belum tentu akan mereka alami dalam waktu dekat.

Karena ini adalah persari gabungan kelas 4 SD YPPSB 1, 2, dan 3, mereka juga bisa bertemu teman seangkatan mereka. Terlihat keakraban diantara siswa/siswi lintas unit ini. Tidak ada rasa malu untuk menyapa atau bercanda tawa dengan teman-temannya dari unit lain. Bahkan ada yang sempat berkejar-kejaran ketika waktu istirahat makan siang dan ibadah. Hal ini menambahkan indahnya pertemanan walaupun beda sekolah.

Persari siaga ini diakhiri dengan pembagian hadiah kepada barung pemenang. Walaupun di iringi cuaca yang tidak mendukung, terlihat ekspresi-ekpresi senang mengikuti kegiatan ini. Hujan tidak menghalangi keceriaan peserta persari mendengarkan pengumuman pemenang.

Kegiatan persari selesai pukul 14.30 wita. Seharian berkegiatan dengan berkeliling munthe, tidak ada raut letih dan sedih, tetapi hanya kegembiraan yang tampak di wajah mereka. (Henri)

Tags: , , ,

Subscribe

Terimakasih telah mengunjungi website kami. Sering-sering mengunjungi website kami untuk memperoleh informasi terbaru mengenai sekolah kami.

No Responses

Leave a Reply