Hitam Siapa Takut? Kisah Perjuangan SD YPPSB 3 Menjadi Juara Umum Gerak Jalan 2019

Hitam Siapa Takut? Kisah Perjuangan SD YPPSB 3 Menjadi Juara Umum Gerak Jalan 2019

Sdyppsb3.sch.id – Perjuangan Tim Gerak Jalan Putra dan Putri SD YPPSB 3 telah membuahkan hasil dengan keberhasilannya menjadi Juara 1 Putra dan Juara 1 Putri sehingga menyabet predikat Juara Umum, sebagaimana yang diumumkan di Halaman Kantor Bupati Kutai Timur. (17/9)

Semua berawal dari sebuah keinginan untuk berperan dalam kegiatan Kwartir Cabang Kutai Timur dalam menyambut Hari Pramuka ke-58 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Keinginan tidak akan terwujud tanpa adanya kerja keras dan kerjasama dari sebuah tim yang solid.

Tebentuklah 2 tim inti gerak jalan, 1 tim putra dan 1 tim putri. Setiap tim terdiri dari 16 anak. Proses latihan selama hampir 1 bulan secara tidak langsung telah melatih anak untuk disiplin, saling menghargai, dan memupuk rasa persaudaraan. Tim sukses pun dibentuk, mulai dari guru, kakak kelas, sampai komite. Semua berbagi tugas tanpa ada rasa iri. Yang ada adalah rasa ingin memperkuat tim ini dan mempersembahkan yang terbaik.

Banyak kisah dibalik sebuah persembahan indah ini. Latihan rutin digelar setiap hari. Semangat luar biasa dari anak-anak dan guru, menggugah semangat komite untuk ikut serta dalam proses latihan ini. Semua bersatu, untuk menghasilkan sebuah persembahan yang terbaik.

Setiap teriakan, bentakan, bahkan seruan dari pelatih dan komite justru menjadi kobaran penyemangat anak-anak. Panas, letih, bosan, sempat menghampiri baik dari pelatih maupun anak-anak. Kulit yang semakin menggelap, keringat yang tak berhenti mengucur, serta lelah yang mendera tak menyurutkan semangat. Hanya dengan mengingat niat tulus kemudian semangat berkobar kembali.

Sebuah persembahan kurang lengkap tanpa adanya aksesoris. Guru dan komite merancang bagaimana aksesoris yang pantas untuk mengiringi anak-anak hebat ini. Terciptalah sebuah rancangan selempang yang elegan untuk menyempurnakan penampilan anak-anak. Pembuatan selempang untuk 32 anak dikerjakan selama 3 hari.

Hari yang dinantikan pun datang. Pukul 06.00 wita anak-anak sudah siap di gedung kecamatan Sangatta Utara. Tim sukses bergerak untuk merias anak-anak. Tiba-tiba hujan mengguyur kota Sangatta dengan derasnya. Orang tua sudah mulai gelisah. Apakah akan diteruskan atau tidak. Anak-anak diungsikan di dalam gedung. Karena hujan tidak kunjung reda, dan acara tetap harus dijalankan, acara gerak jalan ini pun tetap dilanjutkan.

Diiringi hujan deras, anak-anak pun melangkah dengan semangat yang luar biasa. Tim sukses tidak pernah menyangka, anak-anak tetap mau maju. Kobaran semangat dari pelatih sangat memberi energi positif bagi anak-anak.

Penampilan diawali dengan devile dan yel-yel dari masing-masing regu di depan Bapak Kasmidi Bulang Wakil Bupati Kutai Timur. Mental, suara, dan gerakan yang sudah digembleng hampir satu bulan menunjukkan hasilnya. mereka mampu memukau para juru melalui tampilan yel–yel.Tepukan meriah serta tetesan air mata bahagia para guru dan komite mengiringi selesainya yel–yel. Selama 2 menit mereka menampilkan yel-yel dengan prima.

Kemudian tim gerak jalan menempuh perjalanan yang becek karena diguyur hujan sejauh 2,5 kilometer. Guru dan komite mengiringi di bagian belakang sambil memperhatikan apabila ada anak yang membutuhkan bantuan. Melihat mereka bersemangat untuk memberikan yang terbaik, sangatlah menyentuh hati tim sukses guru dan komite.

Semangat mereka tak pernah padam, bahkan jarak yang jauh, seakan tak menyurutkan semangat mereka. Doa kami, semoga mereka tetap percaya diri dan lancar dalam perjalanan. Setiap gerakan sangat bersemangat sampai berakhir di folder depan pasar induk.

Setelah hampir 1 bulan menunggu, pengumuman lomba dilaksanakan bersamaan dengan acara pembukaan perkemahan peran saka di bukit pelangi. Mendebarkan? Pasti. Siapa sih yang tidak ingin jadi juara?
Ketika nama SD YPPSB 3 diumumkan sebagai juara 1 baik tim putra maupun putri, riuhlah ucapan syukur dan teriakan bahagia yang sangat menyentuh. Tunai janji kami, persembahan ini menjadi karya yang tak kan terlupakan karena telah memberikan hasil yang memuaskan.

Piala juara 1 putra dan putri bersanding dengan piala bergilir. Luar biasa pencapaian ini setelah 10 tahun menunggu. Tidak hanya anak-anak dan tim sukses yang merasakan aura kebahagiaan ini, tetapi seluruh civitas akademika SD YPPSB 3 sangat merasakan, bahwa proses tak akan pernah mengkhianati hasil. Kerja keras kami, terbayarkan…!!!

Namun, apakah gerak jalan hanya untuk mencari kejuaraan dan menyandingkan piala? Tidak..!!
Secara tidak langsung, mental anak telah mulai terbentuk. Lebih disiplin dan lebih menghargai arti sebuah kebersamaan. Inilah kemenangan sesungguhnya. Inti dari sebuah latihan selama ini adalah menjadikan anak-anak lebih baik dalam kesehariannya.

Selamat kepada tim SD YPPSB 3. Semoga kemenangan ini tidak membuat kita menjadi besar kepala, tetapi bisa menjadi cambuk untuk bisa lebih baik lagi di masa depan, dan menjadi bukti bahwa KITA BISA. Usaha dan doa adalah kuncinya. (Komite: Anita)

Tags: , , , ,

Subscribe

Terimakasih telah mengunjungi website kami. Sering-sering mengunjungi website kami untuk memperoleh informasi terbaru mengenai sekolah kami.

No Responses

Leave a Reply