Guru Agama Islam dan Guru Ngaji se-Sangatta mengikuti Sosialisasi Sistem Penilaian Terpadu Kemampuan BTQ

Guru Agama Islam dan Guru Ngaji se-Sangatta mengikuti Sosialisasi Sistem Penilaian Terpadu Kemampuan BTQ

Sdyppsb3.sch.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur mengadakan kegiatan Sosialisasi Sistem Penilaian Terpadu Kemampuan Baca dan Tulis Al-Quran SD dan TPA yang dihadiri oleh guru-guru Agama Islam dan guru TPA se-Sangatta Kabupaten Kutai Timur di Gedung Meranti Kawasan Kantor Bupati Kutai Timur (10/9)

Ketua Panitia Bapak Syaiful Imron dalam sambutannya mengutarakan beberapa tujuan kegiatan tersebut, diantaranya adalah:
1. Adanya kerjasama antara Guru PAI di sekolah dan Guru Ngaji dalam pembelajaran.
2. Persepsi sama dalam penguasaan Baca Tulis Qur’an.
3. Terwujudnya penilaian yang terpadu.
4. Kebersamaan dalam membangun suasana religius.
5. Mengenalkan instrumen penilaian terpadu sehingga Baca Tulis Quran dapat terukur sesuai indikator.

Selanjutnya Plt Kepala Dinas Pendidikan  Kutai Timur, Ibu Roma Malau dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pendidikan moral yang utama ada di tangan guru agama. Menurut beliau maka dibutuhkan kerjasama antara guru dan masyarakat khususnya para ustadz atau guru ngaji sehingga antara pembelajaran di sekolah dan di rumah (tempat ngaji) singkron.

Ibu Roma juga berpesan supaya  anak-anak itu dianggap sebagai anak sendiri sehingga proses pengajaran  bisa maksimal. Hasilnya akhlak mereka bisa terbangun dan mereka punya modal pondasi religius untuk hidup di masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Bupati Kutai Timur Bapak Ismunandar. Beliau berpesan dalam sambutannya bahwa orang tua punya peranan penting dalam mengawal anak-anaknya di rumah, terutama dalam hal belajar dan ngaji. Jangan sampai anak-anak dibiarkan sendiri tanpa pendampingan orang tua dalam belajar.

Puncak kegiatan sosialisasi ini diisi oleh pemaparan Ibu Rusini Kepala Sekolah SDN 010 Sangatta Selatan tentang program panduan penilaian terpadu Baca Tulis Quran bagi para guru agama yang diharapkan ada kerjasama dengan guru ngaji para siswanya.

Semua guru agama islam di lingkungan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan ikut serta dalam kegiatan sosialisasi ini. Tak terkecuali Guru Agama Islam SD YPPSB 3 juga turut hadir yang diwakili oleh Bapak Syam’un dan Bapak Hamzah. Semoga melalui kegiatan ini bisa memberikan manfaat dan keberkahan. Aamiin. (Syam)

Tags: , , ,

Subscribe

Terimakasih telah mengunjungi website kami. Sering-sering mengunjungi website kami untuk memperoleh informasi terbaru mengenai sekolah kami.

No Responses

Leave a Reply