Field Trip 2019, Kunjungan Hari Terakhir di Monas, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral dan Kota Tua

Field Trip 2019, Kunjungan Hari Terakhir di Monas, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral dan Kota Tua

Sdyppsb3.sch.id – Hari terakhir Field Trip SD YPPSB 3 Sangatta Utara Kutai Timur Kalimantan Timur melakukan kunjungan di Monas, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral dan Kota Tua. (15/11)

Rombongan SD YPPSB 3 Sangatta mengawali kunjungan di hari terakhir Field Trip 2019 (Jakarta–Bogor-Bandung) di Monas. Selama mengunjungi Monas, peserta Field Trip dipandu oleh Bapak Rudi selaku Kepala Guide Monas.

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Belanda.

Pada lantai dasar Monas para peserta Field Trip menikmati diorama sejarah Nasional Indonesia.

Diorama ini menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga masa Orde Baru. Diorama ini dimula dari sudut timur laut bergerak searah jarum jam menelusuri perjalanan sejarah Indonesia; mulai masa pra sejarah, masa kerajaan kuno, disusul masa penjajahan bangsa Eropa yang disusul perlawanan para pahlawan nasional pra kemerdekaan melawan VOC dan pemerintah Hindia Belanda. Diorama berlangsung terus hingga masa pergerakan nasional Indonesia awal abad ke-20, pendudukan Jepang, perang kemerdekaan dan masa revolusi, hingga masa Orde Baru.

Di bagian kedua rombongan field trip dipandu untuk belajar dalam Ruang Kemerdekaan berbentuk amphitheater. Ruangan ini menyimpan simbol kenegaraan dan kemerdekaan Republik Indonesia. Diantaranya naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang disimpan dalam kotak kaca di dalam gerbang berlapis emas, lambang negara Indonesia, peta kepulauan Negara Kesatuan Republik Indonesia berlapis emas, dan bendera merah putih, dan dinding yang bertulis naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selanjutnya rombongan di arahkan menuju lift menuju pelataran puncak di ketinggian 115 meter dari permukaan tanah. Pelataran puncak ini dapat menampung sekitar 50 orang, serta terdapat teropong untuk melihat panorama Jakarta lebih dekat.

Setelah di Monas rombongan melakukan wisata edukatif religius, yaitu berkunjung dan beribadah di Masjid Istiqlal (Islam) dipandu oleh Bapak Hamzah dan di Gereja Katedral (Kristen dan Katolik) ibadah peserta Field Trip dipandu oleh Ibu Masrina. Adapun Masjid Istiqlal sendiri masih dalam tahap rénovasi dan karena hari jumat jumlah pengunjung sangatlah padat.

Selanjutnya para peserta Field Trip mengunjungi tempat terakhir sebelum bertolak ke Bandara Halim Perdanakusuma, yaitu mengunjungi Kota Tua. Di tempat ini mereka disuguhkan live musik band, bermain sepeda, belanja souvenir, berfoto dengan karakter-karakter pahlawan, serta menikmati pemandangan gedung tua peninggalan zaman Belanda yang sekarang masih berdiri kokoh.

Selesai di Kota Tua rombongan langsung bertolak ke Bandara Halim Perdanakusuma untuk melakukan penerbangan ke Balikpapan dan perjalanan darat menuju Sangatta.

Semoga selamat sampai tujuan dan tetap dalam perlindungan-Nya. Tulisan ini dibuat saat dalam perjalanan Bontang-Sangatta, 07.30 wita. (Syam)

Tags: , , , , , ,

Subscribe

Terimakasih telah mengunjungi website kami. Sering-sering mengunjungi website kami untuk memperoleh informasi terbaru mengenai sekolah kami.

No Responses

Leave a Reply