Belajar Membatik Siswa Kelas 4 SD YPPSB 3

Belajar Membatik Siswa Kelas 4 SD YPPSB 3

sdyppsb3.sch.id – Batik merupakan warisan nenek moyang yang menjadi identitas dan kekayaan bangsa Indonesia. Bahkan saat ini batik telah diakui Unesco sebagai warisan budaya milik bangsa Indonesia.

Melestarikan warisan budaya menjadi kewajiban semua warga negara sebagai perwujudan cinta bangsa. Lembaga pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam menanamkan kepada generasi muda untuk senantiasa menghargai & melestarikan warisan budaya bangsa.

Salah satu program pengembangan kurikulum kelas IV adalah membatik. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 April 2018 di SD YPPSB 3 bekerja sama dengan komunitas pecinta batik Kutai Timur ” Maju Bersama” di bawah bimbingan PT. KPC. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan batik kepada siswa yang meliputi cara membatik, mengenal berbagai motif batik khususnya motif batik Kutai Timur yaitu motif “akaroros” serta menumbuhkan rasa mencintai & bangga dengan batik.

Diawali dengan pemberian pengarahan & doa, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian kain. Setiap siswa mendapatkan selembar kain berukuran 30 cm x 30 cm. Siswa menjiplak/menggambar motif batik/gambar lain sesuai kreasi masing-masing. Setelah selesai menjiplak siswa melanjutkan dengan mencanting. Mencanting merupakan pengalaman baru bagi siswa. Pada kegiatan ini diperlukan ketelatenan dan kehati-hatian karena mencanting menggunakan malam/lilin yang dipanaskan. Terlihat anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan membatik pada setiap tahap.

Tahapan yang tidak kalah menarik adalah tahap mewarnai. Siswa mewarnai batik dengan warna yang disukai. Tentu saja pada tahap ini diperlukan daya kreatifitas siswa untuk memperoleh batik dengan perpaduan warna yang menarik.

Kegiatan membatik berhasil menghipnotis siswa hingga tak terasa hari sudah menjelang siang. Setelah semua siswa menyelesaikan karyanya, siswa membersihkan tempat & mencuci tangan sebelum makan siang. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menggugah hati siswa selaku generasi penerus bangsa untuk selalu mencintai warisan bangsa yaitu batik. Apapun cita-cita mereka dan di manapun mereka menuntut ilmu kecintaan akan batik tak luntur dan tak lekang oleh waktu. Batik akan terus mendunia & membumi. Batik tetap elegan dikenakan oleh siapapun di penjuru dunia. (isna)

Tags: , , , ,

Subscribe

Terimakasih telah mengunjungi website kami. Sering-sering mengunjungi website kami untuk memperoleh informasi terbaru mengenai sekolah kami.

No Responses

Leave a Reply